Pemeliharaan dan Perbaikan Interior Kelas XII
Perawaatan bisa cukup sulit dilakkukan dan membutuhkan keahlian khusus. oleh karena itu banyak yang memutuskan untuk membawanya ke bengkel. Pada dasarnya pemasangan kaca mobil tidaklah sulit untuk dilakukan, hanya saja anda perlu beberapa orang untuk membantu didalam proses pemasangan tersebut nantinya. Pemasangan kaca mobil yang menggunakan sistem lem sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, alasannya kaca mobil yang modelnya seperti ini sifatnya hanya menempel dan tidak masuk dalam karet kaca.
Mengenal Kaca
Menurut adam dan Williansom, kaca adalah materi amorf yang pada suhu bisa mempunyai bentuk yang keras, tetapi apa bila dipanaskan, lama kelamaan akan menjadi lunak sesuwai dengan suhu yang meningkat dan akhirnya menjadi kental hingga mencapai keadaaan cair. selama proses pendinginan terjadi proses yang berkebalikan dengan proses peleburan kaca.
walaupun terdapat ribuan macam formulasi kaca yang dikembangkan dalam 30 tahun terakhir, perlu dicatat bahwa pasir kaca, gamping, silika dan soda masih merupakan bahan baku dari 90% dari seluruh kaca yang diproduksi di dunia. kaca dibuat dari campuran 75% silikon dioksida (SiO2), Na2O, CaO dan beberapa zat tambahansuhu lelehnya adalah 2.000C.
kaca pada mobil harus memiliki sifat - sifat berikut :
- Kaca harus jernih
- Tidak membiaskan cahaya yang datang
- Tahan terhadap tekanan udara yang kuat
- Apabila terjadi kecelakaan tidak membahanyakan penumpang
- Tahan terhadap temperatur yang ekstrim
1. Leminated Glass
Leminated glass merupakan prpaduan antara dua kaca yang memiliki ketebalan 2 mm yang mengapit PVB (Polyvinyl Butyral)npada bagian tengahnya. PVB adalah lapisan film yang dibuat menggunakan campuran plastik dan resin yang bersifat sangat lengket. saat masih berbentuk mentah, bentuk fisik PVB ini persis seperti lembaran plastik biasa. Laminated glass dibentuk dengan pemanasan brtekanan tinggi, yang menjadikan PVB ini jernih dan dapat melekatkan kaca pada kedua sisi yang mengapitnya.
Lapisan PVB pada bagian tengah memiliki ketebalan 0,76 mm. Walaupun memiliki ketebalan yang tipis PVB memiliki peranan yang sangat penting. tanpa lapisan PVB kekuatan semua lapisan pada kaca sama seperti kaca biasa pada umumnya.
Adapun untuk penggunaannya dimobil, kaca laminated hanya digunakan untuk kaca depan. Alasannya jika kaca sekeliling mobil anda memakai kaca laminated, hal itu berdampak tidak baik bagi keselamatan saat mobil trebalik dan atau terbakar, penumpang tidak bisa keluar dari mobil.
Kekurangan dar laminated glass adalah jika pada kaca jenis ini ada keretakan, retaknya akan menjalar pada bagian lain.walaupun masih bisa digunakan, tetapi keretakannya akan makin bertambah dari waktu kewaktu, khususnya pada saat mobil diparkir dibawah teik matahari langsung. Jenis kaca ini hanya digunakan pada kaca depan saja, mengingat biaya produksinya yang sangat tinggi.
2. Tempered Glass
Jenis kaca ini biasanya digunakan dikedua sisi serta kaca belakang mobil. Kaca tempered memiliki kekuatan 5 kali lebih besar dibandingkan kaca laminated.
Sebagai gambaran kaca tempered dengan ketebalan 5mm tidak pecah saat tertimpa bola besi seberat 226 gram dari ketinggian 3 meter. Jenis kaca ini baru akan pecah saat menerima hantaman sebesar 1.500 kg/cm2 atau sampai dengan 5 kali lipat kekuatan kaca biasa. pecahan kaca ini berbentuk butiran seperti jagung sehingga kaca tampered glas dikenal juga dengan sebutan kaca jagung. kaca ini tahan dengan perubahan suhu udara kurang lebih 200 C serta kaca tempered tidak dapat dipotong.

Comments
ada yang terlalu kecil
spasi antar baris terlalu renggang
Absen :21
Absen : 31
Abs:9